Thursday 22 September 2011

Keutamaan Dalam Islam

Assalamualaikum, ichwan,ichwati

Sabar adalah fondasi bagi empat keutamaan mendasar dalam islam,
Yaitu; Iman, Amal saleh, Kemuliaan,dan Kebenaran. Islam mendorong kita untuk meneladani Akhlak orang yang menghargai waktu,Beriman,Beramal saleh,Mencari kebenaran, selalu bersabar dalam setiap keadaan.
Allah SWT berfirman, Demi masa. Sungguh,manusia berada dalam kerugian,kecuali orang orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran. QS Al-Ashr ( 103 ); 1-3.
Diriwayatkan bahwa Rasullah Saw, bersabda. " Sesungguhnya surah yang terdiri dari empat belas kata ( dalam bahasa arabnya ) ini mencakup sepertiga kandungan Al-Quran " Yaitu empat keutamaan dalam islam (iman, amal saleh, kebenaran dan kesabaran).

kemuliaan dalam islam adalah pujian atas sebuah keutamaan. kemuliaan juga berarti pengakuan atas keimanan,kesalehan,kebenaran,dan kesabaran. Ketika kita menghormati orang lain,sesungguhnya penghormatan itu tidak bersumber dari mereka tetapi darikita dan kembali untuk kemuliaan kita. Inilah yang menghidupkan nilai nilai keislaman.

Islam mendorong kita untuk meneladani AKHLAK orang yang menghargai waktu,beriman,beramal saleh,mencari kebenaran, dan selalu bersabar dalam setiap keadaan; suka,duka,lapang,sempit,bersama orang lain dan sendirian. Lalu..kapan kita harus meneladaninya..? Jawabannya adalah sejak saat ini.

Insya allah bisa bermanfaat dan difahami..masih dalam penjelasan sabar ..

wassalamualaikum

No comments:

Post a Comment