Dimana ALLAH
oleh: Abdul Hakim bin Amir Abdat
Halaman satu dari tiga tulisan
Saya akan menjelaskan salah satu aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, yang
telah hilang dari dada sebagian kaum muslimin, yaitu : tentang istiwaa
Allah di atas Arsy-Nya yang sesuai dengan kebesaran dan kemuliaan-Nya.
Sehingga bila kita bertanya kepada saudara kita ; Dimana Allah ? Kita
akan mendapat dua jawaban yang bathil bahkan sebagiannya kufur..! :
Allah ada pada diri kita ini ..!
Allah dimana-mana di segala tempat !
Jawaban yang pertama berasal dari kaum wihdatul wujud (kesatuan wujud
Allah dengan manusia) yang telah dikafirkan oleh para Ulama kita yang
dahulu dan sekarang. Sedangkan jawaban yang kedua keluar dari kaum
Jahmiyyah (faham yang menghilangkan sifat-sifat Allah) dan Mu'tazilah,
serta mereka yang sefaham dengan keduanya dari ahlul bid'ah.
Rasulullah SAW pernah mengajukan pertanyaan kepada seorang budak
perempuan milik Mua'wiyah bin Al-Hakam As-Sulamy sebagai ujian keimanan
sebelum ia dimerdekakan oleh tuannya yaitu Mu'awiyah :
Artinya :
"Beliau bertanya kepadanya : "Di manakah Allah ?. Jawab budak perempuan
: "Di atas langit. Beliau bertanya (lagi) : "Siapakah Aku ..?". Jawab
budak itu : "Engkau adalah Rasulullah". Beliau bersabda : "Merdekakan ia
! .. karena sesungguhnya ia mu'minah (seorang perempuan yang beriman)".
Hadits shahih. Dikeluarkan oleh Jama'ah ahli hadits, diantaranya :
Imam Malik (Tanwirul Hawaalik syarah Al-Muwath-tho juz 3 halaman 5-6).
Imam Muslim (2/70-71)
Imam Abu Dawud (No. 930-931)
Imam Nasa'i (3/13-14)
Imam Ahmad (5/447, 448-449)
Imam Daarimi 91/353-354)
Ath-Thayaalis di Musnadnya (No. 1105)
Imam Ibnul Jaarud di Kitabnya "Al-Muntaqa" (No. 212)
Imam Baihaqy di Kitabnya "Sunanul Kubra" (2/249-250)
Imam Ibnu Khuzaimah -Imamnya para Imam- di Kitabnya "Tauhid" (hal. 121-122)
Imam Ibnu Abi 'Aashim di Kitab As-Sunnah (No. 489 di takhrij oleh ahli hadits besar Muhammad Nashiruddin Al-Albani).
Imam Utsman bin Sa'id Ad-Daarimi di Kitabnya "Ar-Raddu 'Alal Jahmiyyah" (No. 60,61,62 halaman 38-39 cetakan darus Salafiyah).
Imam Al-Laalikai di Kitabnya "As-Sunnah " (No. 652).
PEMBAHASAN
Pertama
Hadist ini merupakan cemeti dan petir yang menyambar di kepala dan
telinga ahlul bid'ah dari kaum Jahmiyyah dan Mu'tazilah dan yang sefaham
dengan mereka, yaitu ; dari kaum yang menyandarkan aqidah mereka kepada
Imam Abul Hasan Ali bin Ismail Al-Asy'ary, yaitu ; mereka mempunyai
i'tiqad (berpendapat) :
"ALLAH BERADA DI TIAP-TIAP TEMPAT ATAU ALLAH BERADA DIMANA-MANA .!?"
Katakanlah kepada mereka : Jika demikian, yakni Allah berada
dimana-mana tempat, maka Allah berada di jalan-jalan, di pasar-pasar, di
tempat kotor dan berada di bawah mahluknya !?.
Jawablah kepada mereka dengan firman Allah 'Azza wa Jalla :
Artinya :
"Maha suci Engkau ! ini adalah satu dusta yang sangat besar" (An-Nur : 16)
"Maha suci Allah dari apa-apa yang mereka sifatkan " (Al-Mu'minun : 91)
"Maha Suci Dia ! Dan Maha Tinggi dari apa-apa yang mereka katakan dengan ketinggian yang besar". (Al-Isra : 43)
Berkata Imam Adz-Dzahabi setelah membawakan hadits ini, di kitabnya
"Al-Uluw" (hal : 81 diringkas oleh Muhammad Nashiruddin Al-Albani).
Artinya :
"Dan demikian ra'yu kami (setuju dengan hadits) setiap orang yang
ditanya : "Dimana Allah ? "Dia segera dengan fitrahnya menjawab : Di
atas langit !. Didalam hadits ini ada dua masalah : pertama :
Disyariatkan pertanyaan seorang muslim : Dimana Allah ?. Kedua : Jawaban
orang yang ditanya : (Allah) di atas langit ! Maka barangsiapa yang
mengingkari dua masalah ini berarti ia telah mengingkari Al-Musthafa
(Nabi) SAW".
Dan telah berkata Imam Ad-Daarimi setelah
membawakan hadits ini di kitabnya "Ar-Raddu 'Alal Jahmiyah (hal: 39):
"Di dalam hadits Rasulullah SAW ini, ada dalil bahwa seseorang apabila
tidak mengetahui sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla berada di atas langit
bukan bumi, tidaklah ia seorang mu'min".
Tidaklah engkau
perhatikan bahwa Rasulullah SAW telah menjadikan tanda/alamat
keimanannya (yaitu budak perempuan) tentang pengetahuannya sesungguhnya
Allah di atas langit. Dan pada pertanyaan Rasulullah SAW (kepada budak
perempuan): "Dimana Allah ?". Mendustakan perkataan orang yang
mengatakan : "Dia (Allah) ada di tiap-tiap tempat (dan) tidak boleh
disifatkan dengan (pertanyaan) : Dimana .?
Kedua
Lafadz
'As-Samaa" menurut lughoh/bahasa Arab artinya : Setiap yang tinggi dan
berada di atas. Berkata Az-Zujaaj (seorang Imam ahli bahasa) :
Artinya :
"(Lafadz) As-Samaa/langit di dalam bahasa dikatakan : Bagi tiap-tiap
yang tinggi dan berada di atas. Dikatakan : atap rumah langit-langit
rumah".
Dinamakan "Awan" itu langit/As-Samaa, karena ia berada di atas manusia. Firman Allah 'Azza wa Jalla.
Artinya :
"Dan Ia turunkan dari langit Air (hujan)" (Al-Baqarah : 22).
Adapun huruf "Fii" dalam lafadz hadits "Fiis-Samaa" bermakna " 'Alaa" seperti firman Allah 'Azza wa Jalla :
Artinya :
"Maka berjalanlah kamu di atas/di muka bumi" (At-Taubah : 2)
"Mereka tersesat di muka bumi" (Al-Maa'idah : 26)
Lafadz "Fil Arldhii" dalam dua ayat diatas maknanya " 'Alal Arldhii",
Maksudnya : Allah 'Azza wa Jalla berada di pihak/di arah yang tinggi -di
atas langit- yakni di atas 'Arsy-Nya yang sesuai dengan kebesaran-Nya.
Ia tidak serupa dengan satupun mahluk-Nya dan tidak satupun mahluk
menyerupai-Nya.
Firman Allah 'Azza wa Jalla :
Artinya :
"Tidak ada sesuatupun yang sama dengan-Nya, dan Ia-lah yang Maha Mendengar (dan) Maha Melihat". (As-Syura : 4)
"Dan tidak ada satupun yang sama/sebanding dengan-Nya" (Al-Ikhlas : 4)
"Ar-Rahman di atas 'Arsy Ia istiwaa (bersemayam)". (Thaha : 5)
"Sesungguhnya Tuhan kamu itu Allah yang telah menciptakan langit dan
bumi dalam enam hari, kemudian ia istiwaa (bersemayam) di atas
'Arsy".(Al-A'raf :54).
Madzhab Salaf -dan yang mengikuti
mereka- seperti Imam yang empat : Abu Hanifah, Malik, Syafi'iy dan Ahmad
bin Hambal dan lain-lain Ulama termasuk Imam Abul Hasan Al-Asy'ari
sendiri, mereka semuanya beriman bahwa ; Allah 'Azza wa Jalla ISTIWAA
diatas 'Arsy-Nya sesuai dengan kebesaran dan keagungan-Nya.
Mereka tidak menta'wil ISTIWAA/ISTAWAA dengan ISTAWLA yang artinya :
Berkuasa. Seperti halnya kaum Jahmiyyah dan yang sefaham dengan mereka
yang mengatakan "Allah istiwaa di atas 'Arsy" itu maknanya : Allah
menguasai 'Arsy !. Bukan Dzat Allah berada di atas langit yakni di atas
'Arsy-Nya, karena Allah berada dimana-mana tempat !?... Mereka ini telah
merubah perkataan dari tempatnya dan telah mengganti perkataan yang
tidak pernah dikatakan Allah kepada mereka sama seperti kaum Yahudi
(baca surat Al-Baqarah : 58-59).
Katakan kepada mereka : Kalau
makna istiwaa itu adalah istawla/berkuasa, maka Allah 'Azza wa Jalla
berkuasa atas segala sesuatu bukan hanya menguasai 'Arsy. Ia menguasai
langit dan bumi dan apa-apa yang ada diantara keduanya dan sekalian
mahluk (selain Allah dinamakan mahluk). Allah 'Azza wa Jalla telah
mengabarkan tentang istawaa-Nya diatas 'Arsy-Nya dalam tujuh tempat di
dalam kitab-Nya Al-Qur'an. Dan semuanya dengan lafadz "istawaa". Ini
menjadi dalil yang sangat besar bahwa yang dikehendaki dengan istawaa
ialah secara hakekat, bukan "istawla" dengan jalan menta'wilnya.
Telah berfirman Allah 'Azza wa Jalla di Muhkam Tanzil-Nya.
Artinya :
"Ar-Rahman di atas 'Arsy Ia istawaa" (Thaha : 5)
"Kemudian Ia istawaa (bersemayam) di atas 'Arsy".
Pada enam tempat. Ia berfirman di kitab-Nya yaitu :
Surat Al-A'raf ayat 54
Surat Yunus ayat 3
Surat Ar-Ra'du ayat 2
Surat Al-Furqaan ayat 59
Surat As-Sajdah ayat 4
Surat Al-Hadid ayat 4
Menurut lughoh/bahasa, apabila fi'il istiwaa dimuta'adikan oleh huruf
'Ala, tidak dapat dipahami/diartikan lain kecuali berada diatasnya.
Firman Allah 'Azza wa Jalla :
Artinya :
"Dan berhentilah kapal (Nuh) di atas gunung/bukit Judi" (Hud : 44).
Di ayat ini fi'il "istawaa" dimuta'addikan oleh huruf 'Ala yang tidak
dapat dipahami dan diartikan kecuali kapal Nabi Nuh AS secara hakekat
betul-betul berlabuh/berhenti di atas gunung Judi. Dapatkah kita artikan
bahwa "Kapal Nabi Nuh menguasai gunung Judi" yakni menta'wil lafadz
"istawat" dengan lafadz "istawlat" yang berada di tempat yang lain bukan
di atas gunung Judi..? (yang sama dengan ayat di atas, baca surat
Az-Zukhruf : 13).
Berkata Mujahid (seorang Tabi'in besar murid Ibnu Abbas).
Artinya :
"Ia istawaa (bersemayam) di atas "Arsy" maknanya :
"Ia berada tinggi di atas "Arsy"
(Riwayat Imam Bukhari di sahihnya Juz 8 hal : 175)
Berkata Imam Ibnu Khuzaimah -Imamnya para Imam- di kitabnya "At-Tauhid" (hal: 101):
Artinya :
"Kami beriman dengan khabar dari Allah Jalla wa A'laa (yang Maha Besar
dan Maha tinggi) sesungguhnya pencipta kami (Allah) Ia istiwaa di atas
'Arsy-Nya. Kami tidak akan mengganti/mengubah Kalam (firman) Allah dan
kami tidak akan mengucapkan perkataan yang tidak pernah dikatakan
(Allah) kepada kami sebagaimana (kaum) Jahmiyyah yang menghilangkan
sifat-sifat Allah, dengan mengatakan "Sesungguhnya Ia (Allah) istawla
(menguasai) 'Arsy-Nya tidak istawaa!". Maka mereka telah mengganti
perkataan yang tidak pernah dikatakan (Allah) kepada mereka seperti
perbuatan Yahudi tatkala mereka diperintah mengucapkan : "Hith-thatun
(ampunkanlah dosa-dosa kami)" Tetapi mereka mengucapkan : "Hinthah
(gandum).?". Mereka (kaum Yahudi) telah menyalahi perintah Allah yang
Maha Besar dan Maha tinggi, begitu pula dengan (kaum) Jahmiyyah".
Yakni, Allah telah menegaskan pada tujuh tempat di kitab-Nya yang
mulia, bahwa Ia istiwaa di atas 'Arsy-Nya (Dzat Allah istiwaa/bersemayam
di atas 'Arsy-Nya yang sesuai dengan kebesaran-Nya, sedangkan ilmu-Nya
berada dimana-mana/tiap-tiap tempat tidak satupun tersembunyi dari
pengetahuan-Nya). Kemudian datanglah kaum Jahmiyyah mengubah firman
Allah istawaa dengan istawla yakni menguasai 'Arsy sedangkan Dzat Allah
berada dimana-mana/tiap-tiap tempat !!!. Maha Suci Allah dari apa-apa
yang disifatkan kaum Jahmiyyah !
Adapun madzhab Salaf, mereka
telah beriman dengan menetapkan (istbat) sesungguhnya Allah Azza wa
Jalla istiwaa -dan bukan istawla- di atas 'Arsy-Nya tanpa :
Tahrif yakni ; Merubah lafadz atau artinya.
Ta'wil yakni ; Memalingkan dari arti yang zhahir kepada arti yang lain.
Ta'thil yakni ; Meniadakan/menghilangkan sifat-sifat Allah baik sebagian maupun secara keseluruhannya.
Tasybih yakni ; Menyerupakan Allah dengan mahluk.
Takyif yakni ; Bertanya dengan pertanyaan : Bagaimana (caranya) ?
Alangkah bagusnya jawaban Imam Malik ketika beliau ditanya :
"Bagaimana caranya Allah istiwaa di atas 'Arsy ?. Beliau menjawab :
Artinya :
"Istiwaa itu bukanlah sesuatu yang tidak dikenal (yakni telah kita
ketahui artinya), tetapi bagaimana caranya (Allah istiwaa) tidaklah
dapat dimengerti, sedang iman dengannya (bahwa Allah istiwaa) wajib,
tetapi bertanya tentangnya (bagaimana caranya) adalah bid'ah".
(baca : Fatwa Hamawiyyah Kubra hal : 45-46)
Perhatikan !
'Arsy adalah mahluk Allah yang paling tinggi berada di atas tujuh
langit dan sangat besar sekali sebagaimana diterangkan Ibnu Abbas :
Artinya :
"Dan 'Arsy tidak seorangpun dapat mengukur berapa besarnya".
Berkata Imam Dzahabi di kitabnya "Al-Uluw" (hal : 102) : rawi-rawinya tsiqaat (terpercaya).
Muhammad Nashiruddin Al-Albani mengatakan : Sanadnya shahih semua
riwayatnya tsiqaat. (dikeluarkan oleh Imam ibnu Khuzaimah di kitabnya
"At-Tauhid").
Bahwa Allah 'Azza wa Jalla -istiwaa-Nya di atas
'Arsy- tidak tergantung kepada 'Arsy. Bahkan sekalian mahluk termasuk
'Arsy bergantung kepada Allah Azza wa Jalla.
Firman Allah 'Azza wa Jalla.
Artinya :
"Sesungguhnya Allah Maha Kaya dari sekalian alam" (Al-Ankabut : 6) Yakni : Allah tidak berkeperluan kepada sekalian mahluk".
No comments:
Post a Comment