JIKA WANITA HAIDH SUCI SESAAT SEBELUM MATAHARI TERBENAM?
Perempuan merupakan hamba yang banyak melewatkan waktu sholat karena
beberapa halangan Syar’I terutama haidh dan Nifas. Pembahasan berikut
adalah sebuah permasalah pelik jika seorang wanita mendapati dirinya
telah suci dari haidh hanya seukuran satu rakaat sebelum waktu itu
berakhir. Apakah dia wajib Mengqadhanya? Dan bagaimanakah status sholat yang bisa dijama? Apakah dia wajib mengqadha keduanya?
Pendapat Ibnu Taimiyah
أن المواقيت لأهل الأعذار ثلاثة ولغيرهم خمسة فإن الله تعالى قال: { أقم
الصلاة طرفي النهار وزلفا من الليل } فذكر ثلاثة مواقيت والطرف الثاني
يتناول الظهر والعصر والزلف يتناول المغرب والعشاء وكذلك قال: { أقم الصلاة
لدلوك الشمس إلى غسق الليل } والدلوك هو الزوال في أصح القولين يقال: دلكت
الشمس وزالت وزاغت ومالت فذكر الدلوك والغسق وبعد الدلوك يصلى الظهر
والعصر وفي الغسق تصلى المغرب والعشاء ذكر أول الوقت وهو الدلوك وآخر الوقت
وهو الغسق والغسق اجتماع الليل وظلمته
ولهذا قال الصحابة كعبد
الرحمن بن عوف وغيره: إن المرأة الحائض إذا طهرت قبل طلوع الفجر صلت المغرب
والعشاء وإذا طهرت قبل غروب الشمس صلت الظهر والعصر وهذا مذهب جمهور
الفقهاء كمالك والشافعي وأحمد
Bahwasanya waktu-waktu bagi orang yang ber-udzur ada tiga dan untuk selain mereka ada lima.
Allah berfirman:
أقم الصلاة طرفي النهار وزلفا من الليل
Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang)
dan pada bahagian permulaan daripada malam (QS: Huud ayat 114)
Allah telah menyebutkan 3 waktu. Tepi siang yang kedua mencakup dzhur
dan Ashar sedangkan kata az Zulaf mencakup Maghrib dan Isya.
Allah juga berfirman:
أقم الصلاة لدلوك الشمس إلى غسق الليل
Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam (QS: al Isrâ ayat 78)
al Duluk adalah al Zawal ( tergelincir) menurut pendapat tersohih
diantara dua pendapat yang ada. Dalam bahasa arab bisa dikatakan :
دلكت الشمس وزالت وزاغت ومالت
Allah menyebutkan istilah al dulûk dan al ghasaq. Setelah duluk (
tergelincir matahari) adalah waktu sholat dzuhur dan Ashar, sedangkan
setelah ghasaq adalah waktu sholat maghrib dan Isya. Allah menyebutkan
Awal waktu dengan istilah dulûk dan dan akhir waktu dengan istilah
ghasaq. Makna ghasaq adalah berkumpulnya antara malam dengan gelap.
Inilah alasan perkataan sahabat-seperti Abdurrahman bin Auf dan
lainnya[1]-: Sesungguhnya perempuan haidh yang suci sebelum terbit
Fajar, maka dia sholat maghrib dan Isya, Jika Ia suci sebelum terbenam
matahari, maka dia sholat Dzuhur dan Ashar. Inilah Mazhab jumhur Fuqaha
seperti Malik, syafii, dan Ahmad.[2]
Perhatian: Ibnu Taimiyah
menyebutkan pendapat tersebut secara berulang-ulang[3], namun beliau
tidak menegaskan pendapat pribadi beliau. Sekalipun demikian sepertinya
beliau mendukung pendapat tersebut karena mendesaknya hajat ummat
terhadap permasalahan tersebut dan juga beliau telah menetapkan adanya
atsar dari sahabat. Allahu a’lam
Pendapat ibnu Taimiyah ini juga disinggung oleh banya ulama diantaranya:
Pendapat Ibnu Qudamah
Ibnu Qudamah rahimahullah berkata dalam Kitab al Mughni (II/46) :
119. Permasalahan: Jika seorang perempuan suci dari haidnya, orang
kafir masuk Islam, dan anak kecil mencapai baligh sebelum matahari
terbenam maka ia sholat Dzuhur kemudian Ashar. dan jika anak kecil
mencapai baligh, orang kafir masuk Islam, dan permpuan suci dari haidnya
sebelum terbit Fajar maka Ia sholat maghrib dan Isya yang akhir.
Pendapat seperti ini diriwayatkan terkait orang haidh yang telah suci
dari Abdurrahman bin Auf, ibnu Abbas, Thawus, Mujahid, an Nakhai, zuhri,
Rabiah, Malik, al laits, As Syafii, Ishaq, dan Abu Tsaur. Imam Ahmad
berkata: kebanyakan tabiin berpendapat seperti ini kecuali Hasan seorang
diri. Dia berkata: tidakw ajib kecuali sholat yang didapati ketika suci
saja. Ini juga bendapat (sufyan ) atsauri dan ahli ra’yi karena waktu
yang pertama telah keluar ketika dia sedang berudzur maka tidak wajib
seperti jika ia mendapatkan sedikit dari waktu sholat yang kedua.
Dihikayatkan dari Malik jika seseorang mendapatkan waktu sekitar lima
rakaat dari waktu yang kedua, maka wajib untuk menunaikan yang pertama
karena ukuran rakaat yang pertama dari lima rakaat tersebut adalah waktu
untuk sholat yang pertama ketika udzur maka wajib dengan mendapatkannya
seperti itu juga jika seseorang mendapatkan rakaat tersebut diwaktu
ikhtiar. Berbeda kalau Ia mendapatkan waktu denga ukuran kurang dari
itu.
Hal itu karena ada riwayat dari al Astram, Ibnul Mundzir,
dan lain-lain dengan sanadnya sampai kepada Abdurrahman bi Auf dan
Abdullah bin Abbas bahwa mereka berdua pernah berfatwa tentang Seorang
perempuan haidh yang suci sebelum seukuran satu rakaat sebelum terbit
fajar (subuh,red): “Dia harus sholat maghrib dan isya, dan kalau Ia suci
sebelum matahari terbenam maka ia harus sholat dzhuhur dan Ashar. Hal
itu karena waktu kedua dan pertama adalah satu waktu dalam keadaan
udzur. Kalau dia masih mendapatkan kesempatan diwaktu udzur tersebut,
maka ia wajib menunaikannya sebagaimana ia wajib menunaikan kewajiban
yang kedua.
Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz
إذا طهرت الحائض أو النفساء قبل غروب الشمس وجب عليها أن تصلي الظهر
والعصر في أصح قولي العلماء، وهكذا إذا طهرت قبل طلوع الفجر وجب عليها أن
تصلي المغرب والعشاء.
وقد روي ذلك عن عبد الرحمن بن عوف، وعبد الله بن عباس رضي الله عنهما، وهو قول جمهور أهل العلم.
وهكذا لو طهرت الحائض والنفساء قبل طلوع الشمس وجب عليها أن تصلي صلاة الفجر.
Jika seorang perempuan haidh atau nifas suci sebelum terbenamnya
matahari maka wajib menunaikan sholat Dzuhur dan Ashar berdasarkan
pendapat ulama yang paling sohih. Begitupula jika Ia Suci sebelum
terbitnya Fajar, maka wajib menunaikan Sholat maghrib dan Isya.
Fatwa Lajnah Daimah
وجاء في فتاوى اللجنة الدائمة للإفتاء (6/158) : ” إذا طهرت المرأة من
الحيض أو النفاس قبل خروج وقت الصلاة الضروري لزمتها تلك الصلاة وما يجمع
إليها قبلها ، فمن طهرت قبل غروب الشمس لزمتها صلاة العصر والظهر، ومن طهرت
قبل طلوع الفجر الثاني لزمتها صلاة العشاء والمغرب ، ومن طهرت قبل طلوع
الشمس لزمتها صلاة الفجر
JIka seorang perempuan haidh atau
nifas suci sebelum keluarnya waktu sholat yang darurat maka dia harus
menunaikan Sholat tersebut dan sholat sebelumnya yang bisa dijama’.
Kalau ia suci sebelum terbenamnya matahari maka dia harus menunaikan
Sholat Ashar dan Dzuhur. Kalau ia suci sebelum terbit fajar yang kedua
maka wajib menunaikan sholat Isya dan Maghrib. Kalau ia Suci sebelum
terbit matahari maka wajib menunaikan sholat Fajar (subuh, red)
Pendapat Syaikh Muhammad bin Sholih al Utsaimin
Beliau memiliki pendapat berbeda dengan mayoritas ulama ketika mensyarah kitab Zâdul Mustaqni’
وَمَا يُجْمَعُ إِلَيْهَا قَبْلَها ………….
قوله: «وَمَا يُجْمَعُ إلَيْهَا قَبْلَها» ، أي: ولزمه ما يُجمع إليها
قبلها، مثال ذلك: إذا أدرك من وقت صلاة العصر قَدْر ركعة أو قَدْرَ
التَّحريمة لزمته صلاة العصر، ولزمته صلاة الظُّهر أيضاً، وإن أدرك ذلك من
وقت صلاة العشاء لزمته صلاة العشاء وصلاة المغرب أيضاً، وإن أدرك ذلك من
وقت صلاة الفجر لا يلزمه إلا الفجر؛ لأنها لا تُجمع إلى ما قبلها
فإن قيل: ما وجه وجوب صلاة الظُّهر في المثال الأوَّل؛ وصلاة المغرب في المثال الثَّاني؟
فالجواب: الأثرُ، والنَّظرُ
أما الأثر: فإنَّه رُوي ذلك عن ابن عباس وعبد الرحمن بن عوف رضي الله عنهم
وأما النَّظر: فلأن وقت الصَّلاة الثانية وقت للأولى عند العُذر الذي
يُبيح الجمع، فلما كان وقتاً لها عند العُذر صار إدراك جُزء منه كإدراك جزء
من الوقتين جميعاً، وهذا هو المشهور من المذهب
وقال بعض أهل
العلم: إنه لا يلزمه إلا الصَّلاة التي أدرك وقتها فقط، فأما ما قبلها فلا
يلزمه. وهو القول الرَّاجح. واحتجوا بالأثر والنَّظر.
أما الأثر:
فقول الرَّسول عليه الصَّلاة والسَّلام: «من أدرك ركعةً من الصَّلاة فقد
أدرك الصَّلاة. و«أل» في قوله: «الصَّلاة» للعهد، أي: أدرك الصَّلاة التي
أدرك من وقتها ركعة، وأما الصَّلاة التي قبلها فلم يدرك شيئاً من وقتها،
وقد مَرَّ به وقتها كاملاً، وهو ليس أهلاً للوجوب فكيف نلزمه بقضائها؟
وقوله صلّى الله عليه وسلّم: «من أدرك ركعة من العصر قبل أن تغرب الشمس فقد أدرك العصر، ولم يذكر وجوب قضاء الظُّهر
وأما النَّظر فقالوا: إن هذا مُقتضى القياس الصَّحيح؛ لأننا متَّفقون على
أنه لو أدرك ركعةً من صلاة الظُّهر ثم وُجِدَ مانعُ التكليف، لم يلزمه إلا
قضاء الظُّهر فقط، مع أن وقت الظُّهر وقتٌ للظُّهر والعصر عند العُذر
والجمع، فما الفرق بين المسألتين؟! كلتاهما أتى عليه وقت إحدى الصَّلاتين
وهو ليس أهلاً للتكليف، لكن في المسألة الأولى مَرَّ عليه وقت الصَّلاة
الأُولى، وفي المسألة الثانية مَرَّ عليه وقت الصَّلاة الثانية، فأنتم إما
أن تُلزموه بالقضاء في المسألتين، كما قال به بعض العلماء، وإما ألا
تُلزموه فيهما كما قاله أيضاً آخرون ، أمَّا أن تُفرِّقوا فلا وجه لذلك.
فإن قالوا: فَرَّقنا بناءً على الأثر الوارد عن الصَّحابة، فالجواب: الأثر
الوارد عن الصَّحابة يُحمل ـ إن صَحَّ ـ على سبيل الاحتياط فقط؛ خوفاً من
أن يكون المانعُ قد زال قبل أن يخرج وقت الأُولى، ولا سيما الحيض، فإن
الحيض قد لا تعلم المرأة بطُهْرِها إلا بعد مُدَّة من طهارتها
Perkataan Mushannif : وَمَا يُجْمَعُ إلَيْهَا قَبْلَها
Artinya: Wajib menunaikan sholat sebelumnya yang bisa dijama dengan
sholat sesudahnya. Contoh: jika seseorang mendapati sekedar satu rakaat
Waktu sholat ashar atau sekedar waktu tahrim maka wajib menunaikan
sholat Ashar dan juga Dzuhur. Kalau terjadi seperti itu pada Sholat
isya[4], maka wajib menunaikan sholat isya dan maghrib. Dan kalau
mendapatkan waktu sholat fajar maka hanya wajib sholat fajar saja karena
tidak bisa dijama dengan waktu sholat sebelumnya.
Kalau
dikatakan: apa dasar kewajiban menunaikan sholat dzuhur pada contoh yang
pertama dan Sholat maghrib pada contoh yang kedua?
Jawabanya adalah : Atsar dan nadzar[5]
dari sisi atsar: telah diriwayatkan dari ibnu Ibnu Abbas dan Abdurrahman bin Auf Radhiyallau anhum.
Dari sisi nadzar: Waktu sholat yang kedua adalah waktu untuk sholat
pertama ketika udzur yang membolehkan Jama’. Dengan alasan waktu sholat
yang pertama adalah juga waktu untuk sholat kedua, maka mendapatkan
sebagian waktunya sama halnya dengan mendapatkan waktu kedua sholat
tersebut. Ini telah masyhur dalam pendpat mazhab-mazhab.
Sebagian ahli ilmu berkata: sesungguhnya tidak ditunaikan kecuali hanya
sholat yang didapatkan waktunya saja. Adapun sholat yang sebelumnya
tidak wajib ditunaikn. Inilah pendapat yang rajih[6]. Mereka berhujjah
dengan Atsar dan nadzar.
Dari sisi atsar adalah sabda Rasulullah Shallallâhu alaihi Wasallam :
من أدرك ركعةً من الصَّلاة فقد أدرك الصَّلاة
Siapa yang mendapatkan satu rakaat dari sholat maka ia telah mendapatkan sholat[7]
«أل» pada kata «الصَّلاة» adalah lil ahdi yang berarti orang tersebut
dianggap telah mendapatkan sholat dari sholat yang waktunya telah ia
dapatkan seukuran satu rakaat. Adapun sholat sebelumnya maka tentu dia
sama sekali tidak mendapati waktunya dan waktunya juga telah lewat oleh
karena itu dia bukanlah orang yang mendapat kewajiban untuk
menunaikannya, lalu kenapa kita mewajibkan orang tersebut untuk
menunaikannya?
Sabda Rasulullah shallallâhu alaihi Wasallam:
من أدرك ركعة من العصر قبل أن تغرب الشمس فقد أدرك العصر
Barangsiapa yang mendapati satu raka’at dari shalat Ashar sebelum
terbenamnya matahari, maka sungguh dia telah mendapati shalat Ashar[8]
Dalam hadits tersebut Rasulullah tidak mewajibkan menunaikan sholat dzuhur.
Dari sisi nadzar mereka mengatakan: sesungguh hal in adalah tuntutan
Qiyas yang sohih, karena kita sepakat bahwa seseorang yang mendapatkan
satu rakaat sholat dzuhur kemudian datang penghalang taklif, maka dia
tidak diwajibkan apapun kecuali dzuhur saja. Padahal waktu dzuhur adalah
untuk zuhur dan Ashar ketika udzur dan jama. Apa perbedaan antara dua
masalah ini? Keduanya mendatangkan sholat disalah satu dari dua waktu
sholat dan dalam keadaan tidak menanggung. Tapi pada masalah yang
pertama adalah waktu sholat pertama telah lewat dan pada masalah yang
kedua terlewat sholat yang kedua[9]. Kalian punya pilihan untuk wajib
Menunaikan dua sholat tersebut dalam dua masalah diatas sebagaimana
dikatakan oleh sebagian ulama atau tidak mewajibkan keduanya sebagaimana
dikatakan oleh sebagian ulama lain. Adapun memisah-misahkannya, maka
tidak ada pendapat seperti itu.
Kalau mereka mengatakan: kita
pisahkan saja berdasarkan atsar dari sahabat, maka jawabannya adalah
Atsar sahabat tersebut –kalau benar-diamalkan untuk berhati-hati saja
karena khawatir penghalang tersebut telah hilang sebelum keluar waktu
yang pertama, Apalagi dalam kasus Haidh. Karena kadang-kadang perempuan
tidak mengetahui dia telah suci kecuali setelah beberapa saat.[10]
Kesimpulan
Terjadi perselisihan tentang wajib tidaknya menunaikan sholat yang
telah lewat waktunya bagi perempuan yang mendapati kesempatan untuk
sholat satu rakaat diwaktu yang kedua pada sholat yang bisa dijama’.
Pendapat paling selamat dan hati-hati adalah pendapat Jumhur berdasarkan
atsar dari para sahabat dan riwayat dari kebanyakan tabiin yang telah
ditetapkan oleh para Ulama dan juga tafsir dari Alqur’an sebagaimana
yang disebutkan oleh Ibnu Taimiyah. Lagipula kebenaran biasanya berada
bersama jumhur. Allahu a’lam
No comments:
Post a Comment